Sunday, May 1, 2011

percaya diri




Satu tanda keagungan Allah pada diri manusia adalah perbedaan pada diri manusia yang telah menciptakan manusia seindah mungkin dan sesempurna mungkin , bahkan pada diri manusia juga di bedakan kemampuan atau potensi yang ada diri pribadi manusia untuk meraih segala kesuksesan yang akan diraihnya untuk hari esok kelak.
Firman Allah :
Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang yang berilmu. (QS. Al ‘ankabut :43)
Berfikir dan terus menggali kemampuan diri sendiri amatlah baik dari pada menyatukan dan merubah diri sendiri dan mengikuti  gaya hidup, sifat atau ahklak orang lain, karena mengikuti orang lain  adalah akan membunuh jiwa karakter diri dan menimbun kemampuan atau potensi diri sendiri.
Allah berfirman;
“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang dimuka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah…” (QS. Al an ‘am : 116)
Hal diatas itu juga diterangkan dalam sebuah buku ternama berjudul Pendidikan Anak .
Tertulis; Tidak ada orang yang paling menderita melebihi orang yang tumbuh tidak menjadi dirinya sendiri, tumbuh tidak menjadi jasadnya sendiri, tumbuh tidak juga menjadi gagasanannya sendiri.”
Dalam hadist lain menyatkan :
“ termasuk sempurnanya islam seseorang adalah meningggalkan apa- apa yang tidak berguna untuk dirinya.( hadist…)


Perlu di ketahui juga bahwa setiap insan mempunyai pandangan dan artikulasi sendiri untuk menjalani kehidupan ini. Sifat percaya diri ini sangat penting untuk menentukan arah dan tujuan pribadi anda dari pada mengikuti jejak orang lain yang sudah pasti akan membunuh kerakter anda.
Dijelaskan juga dalam firman Allah ;
“sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda.” (QS. Al lail : 4)

Di dalam pendidikan ( sekolah – sekolah bahkan kampus sekalipun ) kini sudah mengkaji dan mengambil potensi diri dengan kata lain pengembangan kepribadian dan memperkuat sifat rasa percaya diri.
Pengembangan sifat percaya diri  adalah menerima dengan sepenuh hati dan kerelaan setiap anugrah dan pemberian Allah yang ada pada diri kita . oleh sebab itu juga , kembangkan lah dan tumbuhkanlah dan dapatkanlah menfaat diri sendiri.bukan kah pada diri kalian juga terdapat tanda kekuasaan Allah
Allah berfirman;
dan (juga) pada dirimu sendiri ( terdapat tanda – tanda kekuasaan Allah ). Maka apakah kamu tiada memperhatikan? (QS. Adz dzaariyaat:21)

“…..Sungguh tiap-tiap suku mengetahui tempat minumnya (masing-masing) ….” (QS. Al baqarah:60)
(Di jelaskan dari potongan ayat ini bermaksud bahwa setiap insan mempunyai potensi sendiri dan tau kemampuanya sendiri )
Bukan kah juga setiap apa yang diterima oleh kita baik dan buruknya adalah sesuai kemampuan kita . dan  hanya kita sendiri lah yang tau potensi  diri sendiri. Maka kembangkanlah suatu peotensi diri. Engkau tak usah gusar atau merasa kecil hati atas apa yang Allah berikan untuk diri anda karena hal itu adalah baik dan sesuai untuk anda tanpa engkau ketahui .
Allah telah berfirman:
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya….” (QS. Al baqarah :286)
“Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu terputus asa dari rahmat Allah.” (QS. Az zumar : 53 )
Satu kenikmatan pada anda adalah sifat percaya diri ini karena jika sifat ini dikekalkan dalam hati akan membawa kedamaian kepada hati anda sendiri namun banyak orang yang menirukan dan mengikuti gaya orang lain karena ia kurangnya bersyukur atas apa yang Allah berikan pada dirinya itu.
Firman Allah :
..”sebenarnya Allah Dialah yang melimpahkan ni'mat kepadamu dengan menunjuki kamu kepada keimanan,,,,,,,,,". (QS. Al hujurat : 17)
“….. Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang bersyukur. (QS. Saba’:13)
Dalam hari hari maka tumbuhkanlah sifat keyakinan pada diri anda karena itu akan menyelamatkan diri anda. Hal kegagalan bukan milik anda, jika sifat rasa percaya diri ada didalam jiwa anda. Sesungguhnya orang akan menderita jika ia tak akan memahami dirinya sendiri dan mencintai dirinnya sendiri dari mengekalkan sifat rasa percaya diri ini.semangat anda dalam meniti sifat ini akan meninggalkan satu ilmu yaitu pengajaran yang amat bermanfaat bagi diri sendiri. Juga tentunya itu lah anugrah yang terindah bagi diri sendiri.
Firman Allah ;
“,,,,dan menyempurnakan untukmu ni'mat-Nya lahir dan batin.,,,” (QS. luqman:20)
“,,,Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (QS. Al isra’:70)

Dari sinilah kita harus bisa memahami diri sendiri dengan sifat percaya diri yang tentunya akan mendidik dalam hal kebaikan. Maka mulailah kembangkan kemampuan diri sendiri dan mulai meninggalkan gaya hidup orang lain yang akan menyiksa diri sendiri.
So ??????? mulailah jadi diri sendiri .!
--------------------

No comments:

Post a Comment